Dua Kader Remaja Dapat Penghargaan

posted in: Uncategorized | 0

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE.,B.Econ., MM., memberikan penghargaan bagi para kader kesehatan. Termasuk penghargaan bagi dua pelajar sebagai Kader Remaja. Kedua kader remaja tersebut adalah Alisha Riski, siswi SMPN Karangreja dan Ira Dinawati siswi SMA Karangreja. Penghargaan diserahkan bupati yang akrab dipanggil Tiwi, saat refreshing Kader Kesehatan se Puskesmas Karangreja di Golaga, Jumat pagi (7/2).

Kader kesehatan sangat berperan dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Para kader kesehatan inilah yang selama ini menggerakan masyarakat untuk hidup bersih dan sehat. ”Panjenengan-panjenengan ini termasuk pejuang-pejuang kesehatan. Tidak hanya dokter, tidak hanya bidan, tidak hanya perawat, tidak hanya naping, Tapi kader-kader kesehatan juga ikut berkontribusi  terhadap pembangunan kesehatan di Kabupaten Purbalingga. Oleh karenanya tetap semangat dan tetap sehat nggih,” katanya.

Para kader kesehatan diminta tetap semangat mensosialisasikan program-program kesehatan kepada seluruh masyarakat luas yang ada di Kecamatan Karangreja. Pasalnya ketika masyarakat yang ada di desa-desa di wilayah Karangreja masyarakatnya sehat, akan ikut berkonstribusi untuk mewujudkan Purbalingga yang sehat dan hebat.

Dia juga mengapresiasi kegiatan refreshing yang diselenggarakan Puskesmas Karangreja, juga mengapresiasi para kader kesehatan yang selalu bergerak bersama membangun derajat kesehatan di Kabupaten Purbalingga. “Permasalahan nasional bidang kesehatan saat ini terkait masalah stunting. Purbalingga termasuk kabupaten/kota di Jawa Tengah yang masuk dalam prioritas stunting. Berkat sengkuyung kader-kader kesehatan semua, kemarin saya minta datanya, ternyata angka stunting di Purbalingga sudah turun, termasuk angka kematian ibu dan bayi, angka prevelensi dan gizi buruk, ini berkat kerja keras petugas bidang kesehatan termasuk para kader kesehatan semua” ujarnya.

Disamping dua pelajar penerima penghargaan sebagai Kader Remaja, terdapat pula dua orang penerima penghargaan selaku Kader Jiwa, yakni Durwasih dan Sulasih. Penerima penghargaan lainnya adalah kader teladan, kader tertua dan kader termuda.

Kepala Puskesmas Karangreja dr Puspa Ayu Lestari mengatakan, kader teladan diberikan kepada Darmiyati selaku kader desa Tlahap Kidul, Solihatun kader Gondang, Rohyati Tlahap Lor, Roh Kutabawa, Jumiati Karangreja, Kuswati Serang dan Surtinah desa Siwarak.

“Saya juga mengusulkan penghargaan dan tadi sudah diserahkan penghargaannya bagi para kader yang sudah lama mengabdi untuk masyarakat di desa masing-masing dan saat ini sudah berusia sepuh. Masing-masing desa satu orang kader. Mereka adalah Ruswati kader tertua desa Tlahab Kidul, Mirah Desa Serang, Tuminah Gondang, Taryati Kutabawa, Kartiningsih Tlahap lor, Sumarti Siwarak dan Sangun Karangreja,” jelasnya. (u/humpro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *